BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 13 Desember 2009

BUNGA LILY

Lily (Lilium Candidum L)

Bunga yang cantik ini dikenal semenjak jaman Yunani kuno. Nama Lily atau Lilium adalah bentuk Latin berasal dari kata Yunani, Leirion. Penyebaran bunga lily meliputi wilayah Eropa dan meliputi daerah Mediterania Utara, melintas kesebagian besar wilayah Asia menuju Jepang, India, dan Filipina Selatan. Dan saat ini telah menyebar ke wilayah selatan Kanada melalui Amerika Serikat.


Ada beberapa tanaman yang juga disebut sebagai lily, tetapi sebenarnya bentuk ataupun jenisnya jauh berbeda dari lily yang sebenarnya.


Lily merupakan tanaman berbunga yang tumbuh dari umbi. Terdapat sekitar 100 jenis tanaman lily. Berwarna lembut serta memiliki keharuman yang khas membuat bunga ini seringkali ditanam sebagai tanaman hias atau bunga potong. Namun selain dikagumi karena bentuk bunganya yang cantik, ada beberapa jenis lily terkadang ditanam lalu dipanen hanya untuk diambil umbinya saja.


Biasanya bunga lily tumbuh menyesuaikan diri dengan habitatnya, seperti daerah berhutan, pegunungan atau terkadang daerah rerumputan. Bahkan beberapa dapat bertahan hidup di tanah rawa dan memiliki akar mengambang seperti yang terkenal di Asia Tenggara (Lilium Arboricola). Tetapi pada umumnya tanaman ini dapat tumbuh baik di tanah yang gembur.


Tanaman Lily merupakan jenis tanaman yang rimbun. Untuk bunganya sendiri, bunga ini terdiri dari enam kelopak yang cukup besar, biasanya wangi dan memiliki beragam warna mulai dari putih, kuning, oranye, merah muda, merah dan ungu. Ada juga yang berbintik-bintik dan bergaris-garis lembut.


Bunga Lily memiliki kelebihan diantaranya dapat bertahan hidup lebih lama juga memiliki wangi yang tahan lama jika dibandingkan dengan bunga lainnya.


Perawatan


Untuk perawatannya, bunga lily sangat memerlukan air yang cukup agar tidak kekeringan. Dan ingat, jangan tempatkan tanaman lily di tempat yang langsung terkena sinar matahari. Akar tanaman ini biasanya cukup banyak dan menjuntai keluar oleh karena itu Anda perlu mengganti media tanamnya bila akar tanaman lily telah membentuk bola hingga dinding pot. Untuk pergantian ini sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan dimana pada saat itulah tanaman lily dalam kondisi aktif tumbuh.


Jenis Lily


Menurut bentuknya sendiri, secara garis besar terdapat 3 bentuk bunga lily,

* Bowl Shaped : Kelopak bunga melebar keluar dan bunganya berukuran sangat besar
* Trumpet Shaped : Kelopak bunga menbentuk tabung dan melengkung diujungnya, seperti terompet.
* Turk's Cap-Shaped : Kelopak bunga bergulung keluar (sangat melengkung)


Sedangkan menurut speciesnya, secara garis besar terdapat 4 jenis lily,

* Lilium Regale, terkadang dikenal sebagai Regal Lily atau Lilium Trumpet Regale. Memiliki bunga berbentuk terompet berwarna putih dengan pangkal kuning dan wangi yang semerbak.
* Lilium Henryi, merupakan species asal China, berwarna oranye. Berbentuk tegap dan biasanya berbunga banyak.
* Lilium Candidum, berasal dari Timur Tengah. Sangat harum dan sangat popular.
* Lilium Lancifolium, berbentuk Turk's Cap, berwarna oranye dengan bintik-bintik yang gelap.

Manfaat

* Sebagai bunga potong
* Sebagai bahan kosmetika
* Sebagai bahan obat-obatan
* Sebagai bahan parfum


Bunga lili adalah bunga yang berbentuk terompet. Pada umumnya berwarna putih, bunga Lili biasanya digunakan untuk mengamati pembelahan sel kromosom atau pertumbuhan buluh sari.

Bunga ini cukup indah, dan dapat dipakai untuk hiasan di taman, di dalam ruangan, dsb. Di Indonesia bunga lili belum begitu diketahui penggunaanya. Mungkin karena jarang ditemukan dan kurang diminati orang. Padahal menurut ahli biologi, bunga ini dapat menimbulkan kesan yang ramah, menandakan persahabatan sejati.

0 komentar: